Sabtu, 22 Mei 2010

Rangkaian Digital Lock



Data Sheet : CD4013

Prinsip Kerja :

- Didalam IC 4013 terdapat 2 Rangkaian Flip-Flop ( FF 1 = Pin 1-6 ; FF 2 = pin 8-13 )
- Switch Lock Berfungsi untuk membuat keluaran IC 4013 akhir Berlogika HIGH
- Switch 1-4 Berfungsi untuk membuat keluaran IC 4013 akhir Berlogika LOW dengan catatan : Switch ditekan dengan cara berurutan.
- Ketika output berlogika HIGH akan memicu Transistor untuk mengaktifkan Relay
- Untuk men-LOW-kan Output dari IC tekan Switch dari 1-4 secara berurutan

Trik :

- Rangkaian ini bisa diaplikasikan sebagai kunci Digital
- Andaikata ke empat switch adalah angka 2654 maka angka 137890 gunakan sebagai switch Lock ( di rangkai secara Paralel )
- Bisa juga menggunakan angka double, sebagai contoh kode : 4444 atau 2622, untuk angka double rangkaian switch nya diparalel untuk setiap angka yang sama.
- Untuk Kode Lock yang mempunyai jumlah angka ganjil, Pisahkan rangkaian 2 set Flip-Flopnya pada IC 4013 yang terakhir dengan cara Lepas Jumper pin 5 dan pin 13, kemudian groundkan pin 5 FF ke-1 ( Pin 8-13 pada IC ini jangan terhubung dengan rangkaian / dilepaskan )

NB :
- Jika dalam memasukkan angka kombinasi ( Kode ) tertekan angka yang di jadikan switch Lock maka pemasukan angka kombinasi dimulai dari awal.
- Rangkaian ini bisa dimodifikasi dari 1 kode Lock hingga tak terhingga

3 komentar:

  1. apakah rangkaian ini bisa dirubah?
    bila kode ditekan dengan benar maka relay akan aktif,dan kalo swicth lock yang ditekan maka relay akan mati,,, mohon pencerahannya?

    BalasHapus
  2. Yup ... Jika urutan memasukkannya benar maka relay akan aktif . jika salah dan itu tertekan kode switch lock akan langsung di reset .

    BalasHapus
  3. Mas boleh minta software cx one dan spi prgrammer

    BalasHapus